Search

Content

Komposisi dan Proporsi. Dua Asas Yang Paling Berpengaruh






“Dalam arsitektur yang sering membingungkan itu adalah menentukan komposisi dan proporsi, sayapun sering merasa kesulitan pada asas-asas tersebut dalam mendisain” –said Eko Prawoto at "mungil'mungil" KPP Arsitektur ITS angkatan 2012.

Kembali ke aktifitas mata kuliah utama :: perancangan arsitektur, pada semester I, ada tugas yang khusus melatih komposisi dan proporsi, tugas ke-5, yaitu mahasiswa arsitektur ITS angkatan 2012 dibimbing untuk membuat komposisi “perabotan” dengan penggambaran siluet dua dimensi dengan kertas origami berwarna dengan memperhatikan proporsi dan tentu komposisinya.
            Nampaknya mudah, tapi silahkan saja coba! Kalau membuat karya yang “ya sudahlah” memang gampang, tapi membuat karya yang dapat diapresiasi positif apalagi oleh seorang Ir. M. Salatoen Poedjiono, MT itu bukanlah berkara yang gampang, perlu kesungguh-sungguhan dan konsentrasi.
            Setelah membuat siluet gubahan komposisi  dengan kertas origami, maka diinstruksikan untuk membuat gambar tiga dimensinya dengan sketsa tangan, untuk melatih sketsa tangan mahasiswa tentunya.
            Kerja demi kerja akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas tersebut. Foto-foto diatas adalah hasil kerja saya untuk memenuhi tugas ini, semoga mendapat apresiasi positif oleh sang guru.
Powered by Blogger.